1/27/2011

Ayo…minum Susu

Wah seneng deh…

Kebetulan kemaren pas jalan2 bareng temen-temen himada bekisar(himpunan mahasiswa daerah jawa timur) bisa nyobain fresh milk, hm…yummySmile with tongue out. Tepatnya sekitar bulan desember 2010, kami berkunjung ke salah satu tempat wisata yang unfamiliar dan masih asli. It’s CIbalong Happy Land yang terletak di bogor. Setiba di tempat, kami langsung disuguhi welcoming drink n snack, ada susu rasa strawberry, susu rasa melon, dan jus jeruk di tambah ubi rebus plus kacang rebus. Wah mantap banget, aku ambil susu rasa melon dan langsung jatuh cinta pada tegukan pertama, really fresh apalagi sambil ngehirup fresh air bogor.

Ternyata gak cuman bisa minum susu sapi yang bergizi  aja, di sana bisa belajar perah susu sendiri.hum…asyikOpen-mouthed smile. Cuman bayar Rp. 10.000,00 aja kamu bisa memerah susu sapi sampe puas plus dapet segelas besar fresh milk.

DSC01947

Di sana ada dua sapi perah yang tiap pagi dan sore rutin diambil air susunya. Aku dan beberapa teman nyobain merah susunya lho. first step yang harus dilakuin sebelum memerah susu adalah cuci tangan, iya dong agar air susu yang keluar minim kontaminasi dari tangan kita. Kemudian mas-mas petugasnya akan membersihkan puting susu sapi dengan air. Lalu puting susu yang sudah bersih itu dibaluri denagn margarin agar permukaannya licin. Taraa….ayo sekarang siap memerah susu. Merah susunya dari atas putting susu hingga ke bawah,awalnya sih agak susah, air susunya sedikit sekali yang keluar, tapi lama kelamaan jadi biasa dan kuantitas air susu keluar juga lumayan banyak.

DSC00167

Hal yang penting yang harus dilakukan saat memerah susu adalah jangan mengganggu ketenangan si sapi. Saya coba menjahili si sapi dengan berdiri di samping (arah berlawanan dengan si pemerah), padahal hanya berdiri di sampingnya si sapi sudah mewarning  dengan menggoyang-goyangkan badannya, kepalanya yang besar pun juga menoleh dan melihat sinis ke arah aku (berlebihan ya..hihihi). Ternyata kata masnya pada saat si sapi sedang diperah, sebisa mungkin tenang, karena sedikit saja kita mengganggunya dia bisa ngambek. Satu hal lagi, selama masa itu, petugas yang sehari-harinya memerah susu sapi harus berada di samping si sapi, dan mengelus-elus badannya (manja nih sapinya), ya khan sapinya sudah terbiasa dengan petugas yang sehari-hari bertugas, jadi dia akan merasa tidak ada ancaman yang berarti jika ada orang asing yang macam-macam.

DSC01943

Wah jadi kangen nih sama masa-masa balita dulu yang hobi banget minum susu, sampe jadi hal wajib tuh minum susu tiap hari. Apalagi setelah tau kalo merah susu itu susah, udah 10 menit tapi masih dapet sekitar 50 ml,lama….kapan diminumnya. Jadi lebih menghargai susu deh( apalagi ngeliat sapinya yang mesti diperah susunya tiap hari, jadi kasianCrying face)

Oh iya seperti yang aku ceritakan tadi, setelah merah susu, kita bisa dapet segelas besar susu sapi yang udah kita perah tadi( sebenernya boleh juga kalo mau mencicipi susu yang belum diolah, tapi aku pilih yang diolah aja). Bisa pilih rasanya lho…macem-mace, dari rasa coklat, strawberry, melon, original, de el el. Aku pilih rasa original. Dan beberapa waktu kemudian…warm fresh milk, siap didiminum. Yuk…yuk coba memerah susu sapi.. Martini glass

 

0 komentar:

Posting Komentar